Tentang YPAC

  • YPAC SEMARANG

 

Yayasan Pendidikan Anak Cacat (YPAC) di Semarang berdiri tanggal 19 April 1954 atas prakarsa Ibu Milono , Isteri Residen waktu itu. Dan juga anjuran dari Prof. dr. Soeharso. Yayasan Pembinaan Anak Cacat merupakan perwakilan dan selanjutnya sesuai hasil musyawarah Nasional tahun 1977 istilah perwakilan menjadi cabang. YPAC di Semarang merupakan salah satu diantara 16 cabang yang lain diseluruh Indonesia. Dengan adanya UU RI NO.16 Tahun 2001 tentang Yayasan dan berdasarkan Akte No.8 tanggal 16 Agustus 2002, maka YPAC Pusat (sekarang YPAC Nasional) Ny. Kantiningsih Hariyono, SE disebut sebagai pendiri, mendirikan Yayasan Pembinaan Anak Cacat Semarang yang disingkat YPAC Semarang.

 

Penandatangan berdirinya YPAC Semaranng dikuasakan kepada Ny. BRAY. Siti Handayu Pranowo yang pada saat itu menjabat sebagai ketua YPAC Cabang Semarang di hadapan Notaris Milly Karmila Sareal, SH di Jakarta dengan Akte No. 8 Tanggal 30 April 2003.

 

Sesuai dengan peraturan pemerintah yayasan yang sudah didirikan melalui Akte Notaris harus disahkan Menteri Hukum dan HAM yang berlaku untuk seluruh Indonesia. Khususnya Semarang sudah melaksanakan peraturan itu sehingga status organisasi bersifat otonom dan berbadan hukum , denngan Pengesahan MenHukHam YPAC Semarang No.C 540.HT.01.02.TH2005.

 

  • Rehabilitas

 

Di YPAC Semarang , tersedia pelayanan : Fisioterapi , Terapi Okupasi , Terapi Wicara , Terapi Musik , Bina Mandiri , Psikologi , sedangkan pelayanan Ortotik Prostetik mendapat bantuan dari Divisin Rehabilitasi Medik RS. Dr. Kariadi. Berbagai pelayanan tersebut diatas dikoordinir oleh Dokter Spesialis Rehabilitasi Medik.

 

Selain pelayanan rehabilitasi medic , YPAC Semarang juga menyediakan Sekolah Luar Biasa D/D1 untuk Cerebal Palsy/cacat ganda dan C/C1 untuk retardasi mental dan Unit Kerja/Padat Karya (Sheltered Workshop) untuk anak-anak yang karena sidat kecacatannya tidak dapat dilepas untuk bekerja sendiri dan berkompetensi di masyarakat.

 

  • Rehabilitasi Pendidikan :

o   SLB D/D1 terdiri dari kelas Observasi , TK LB , SD LB , SLTP LB(dibuka tahun 1993)

o   SLB C/C1 (Dibuka bulan April 1981) terdiri dari SD LB , SLTP LB(dibuka tahun 1992) , dan SMU LB (dibuka tahun 1996)

o   Pendidikan Ketrampilan untuk murid SLB D/D1 dan SLB C/C1

  • Rehabilitas Sosial :

o   Asrama dengan kapasitas 25 anak

o   Bina Mandiri menangani anak mampu latih (mulai dibuka 1 Agustus 2002)

  • Rehabilitas Pravokational :

o   Unit karya , menangani ketrampilan anak yang telah menyelesaikan SMU B ( dibuka 1 Oktober 2003)

 

 

Leave a comment